Minggu, 16 Juni 2013

Mempersiapkan Sebuah Khotbah


Ringkasan
Diserahkan kepada Bpk. Demsy J. Jura. P.sd
Dosen Sekolah Tinggi Theologi Baptis Jakarta
Untuk memenuhi sebagai Persyaratan
Tugas Mata Kuliah
Homelitik




Oleh :
Opy Suryanto
NIM: 01.2012.07
Juni 2013



Seni berkhotbah disebut “homelitik”, yang diambil dari kata-kata  Yunani, homileo danhomilia, yang artinya “ditemani oleh, yaitu, berbicara dan berkomunikas”. Ada dua aspek berbeda yang terlibat di dalam penyampaian Firman, Yaitu : pertama,KeIlahian dan kedua adalah kemanusiaan.

A.    Bagaimana menjadi Efektif
Pemberita Firman adalah suatu seni mengkomunikasikan kebenaran ilahi melalui pribadi manusia. Yang harus dipelajari adalah
1.      Menantikan Tuhan
Berdiam dihadirat Tuhan dan membedakan suara Tuhan dengan suara rohnya sendiri. Tuhan sumber segala kebenaran, kita harus mengijinkan kebenaran Allah itu mempengaruhi hidup kita terlebih dahulu, sebelum kita membagikan kepada orang lain.
2.      Pelajari Alkitab
Adakan waktu duduk dengan tenang dan sabar dengan Alkitab di tangan, meminta Tuhan meneranghan arti Firman Tuhan melalui doa.
3.      Sediakan sebuah catatan
Agar ayat yang penting dapat di ingat, dan mudah mendapatkan tema untuk berkhotbah.
4.      Di sucikan oleh Firman
Jangan mencari peluru rohani supaya dapat ditembakan ke orang lain. Memberi makan jiwa anda sendiri adalah sangat penting.

B.     Dua ide yang salah mengenai Homelitik
1.      “Tidak perlu persiapan”
Ide salah yang pertama adalah anggapan bahwa persiapan itu tidak perlu dan hal itu menandakan kurangnya iman, yang benar adalah menyediakan waktu yang cukup untuk persiapan.
2.      “cukup dengan kemampuan manusia”
Ketergantungan kepada Roh Kudus kecil sekali hanya mengandalkan kekuatan dan pengetahuan manusia, mengandalkan bakat dan latihan study.



C.     Empat bagian (daerah) Homelitik
1.      Konsep
Bagaimana mendapatkan ide dan tema yang pertama untuk sebuah Khotbah,sesuatu seperti menebukan bongahan emas.

2.      Komposisi
Harus melakukan analisa untuk mengetahui isi dari kebenaran dan menulis dengan cepat supaya dapat mengikuti aliran ilham yang anda terima.
3.      Konstruksi (penyusunan)
Tujuan penyusunan khotbah adalah membuatnya sejelas dan sesederhana mungkin hingga mudah dimengerti oleh pendengar.
4.      Komunikasi
Mengkomunikasikan dengan jelas dan afektif, dengan sikap yang baik sehingga pendengar dapat menerima Firman dengan baik.

D.    Tiga tipe persiapan khotbah
1.      Khotbah  yang tertulis
Metode ini memerlukan catatan sangat banyak kadang-kadang seluruh isi khotbah dituliskan.
Kebaikan metode : deteil dan teliti, tidak ada informasi yang tertinggal
Kelemahan metode : tidak menarik dan tidak menguasai perhatian pendengarnya, sangat membosankan
2.      Tipe catatan kerangka
Paling sering digunakan dan paling efekif, menyediakan garis-garis besar khotbah, penyampaian firman akan lebih spontan dan menarik.
3.      Khotbah yang tidak direncanakan
Spontan dan tidak disertai catatan apapun. Firman khotbah penginjilan akan dapat disampaikan dengan lebih efektif dengan cara ini. Kelemahan roh dan pikiran pendengarnya tidak terbangun.
4.      Ringkasan
Menggunakan kerangka sangat baik dikobinasikan dengan 2 gaya lainnya, catatan sangat diperlukan


E.     Tujuh macam khotbah
1.       Tekstual, yaitu : berdasarkan teks
Berasarkan pada suatu ayat Alkitab yang relatif pendek, biasanya berdasarkan satu “teks” kitab suci
2.      Topikal, yaitu : berdasarkan topik
Menyajikan sebuah topik yang khusus, referensinya dari Alkitab  dan mempelajarinya lebih lengkap dan berseri agar dapat dipahami arti topiknya
3.      Tipikal, yaitu : berdasarkan tipe
Seni mengupas kebenaran yang tersembunyi, bisa itu pribadi, simbol dari seseorang atau suatu nubuatan akan terjadi. Misalnya domba paskah (PL) bernubuatkan Yesus Kristus dalam (PB).
4.      Secara Ekspositori
Menguraikan secara terperinci makna dan kebenaran yang terkandug dalam bacaan tertentu, menujukan kebenaran yang sering tersebunyi diantara kata-kata pada halama tertentu, penggalian pasal-demi pasal dan ayat demi ayat.
5.      Secara Biografis
Kisah hidup seseorang, mempelajari hidup dari beberapa tokoh dalam Alkitab, yang memiliki arti penting bagi kita.
6.      Secara Analitis
Analisa yang mendetail dan menarik kebenaran sebuah subyek, diajarkan pokok yang mendasnya.
7.      Secara Analogis
Suatu bentuk yang mengajarkan kebenaran lewat sebuah kasus, subyek alamiah untuk mengajarkan kebenaran rohani





Jumat, 14 Juni 2013

LAKUKAN APA YANG KAMU BISA


HIDUP PENUH ARTI

1.      Seorang anak kecil yang membutuhkan uang untuk membayar uang sekolahnya menjual seutas tali ikan yang diperoleh ayahnya melaut, ayahnya sudah tidak dapat melaut dikarenakan ombak yang tinggi, anak yang mengharapkan dengan ada yang membeli ikannya, ia berjalan ke toko menghampiri seorang ibu menawarkan ikan yang di jualnya, dengan kasar ibu menolak dan tidak mau tau, anak tersebut meminta belas kasihan ibu tetap menolak, anak tersebut menghampiri seorang bapak berdasi yang sangat rapi, anak menawarkan ikan yang di jualnya tetapi bapak mengusirnya karena bau ikan dan tidak mau mendekat kepada anak, anak tersebut berjalan akan pulang dengan hati sedih, di jalan ia bertemu dengan seorang ibu menjual jamu gendong, ia menawarkan ikan kepada ibu tersebut, dengan rendah hati ibu bertanya, berapa ikan harga ikan nak,, anak menjawab 20.000, dengan senang hati ibu memberikan uang kepada anak. Anak dengan gembira menerimanya, ibu tidak menduga ia sedang di ikuti oleh salam satu acara realiti show,, kru menghampiri ibu dan menanyakan kepada ibu kenapa dengan rela membantu,, ibu menjawab” bahwa ia pernah merasakan susah, di tolak oleh orang, sekarang ia memiliki kepedulian untuk membantu orang yang berkekurangan,, tanpa di duga ibu diberikan uang sebesar 2 juta rupiah oleh acara tersebut,, ibu sangat mengucap syukur kepada Tuhan karena diluar dugaan ia mendapatkan pengganti 100 kali lipat,Tuhan mengajarkan untuk peduli dengan orang lain, yang memberi pasti tidak akan berkekurangan Tuhan yang mencukupkan. Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya (Roma 2 : 6)

2.      Kekeringan telah melanda Afrika khusunya Etopia, pada tahun 1984-1985 korban 1 juta jiwa para penyanyi pop diseluruh dunia sepakat untuk mengumpulkan dana bagi korban yang melanda Afrika, lagu we are the world, ditulis oleh Michael Jackson dan Lionel Richi yang dinyanyikan oleh 80 penyanyi dari seluruh dunia, pada saat itu membutuhkan dana sebesar 50 juta bagi Afrika, sebanyak 7,5 kopi dari album rekaman telah terjual di Amerika Serikat yang disumbangkan kepada korban di Afrika, para penyayi mengatakan “ Dunia tanpa cinta  bukanlah sebuah dunia” hidub berarti jika kita mementingkan kepentingan orang lain, dari pada hanya memikirkan diri sendiri. (Yohanes 13 : 35) Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku 1 , yaitu jikalau kamu saling mengasihi .


3.      pada 28 Juni 2008, Rosluna Korsshunova, super model cantik asal Khazaktan bunuh diri dari apartemen mewah, di Manhattan Amerika Serikat, di usia muda. Dalam situsnya ia mengatakan “aku merasa bukan diriku dan sesuatu yang hilang dari hidupku” ia kehilangan kebahagiaan, ia memerlukan seseorang untuk berbagi. Kekayaan, hidup terkenal dan kekuasaan bukanlah kunci utama kebahagiaan, kita membutuhkan orang lain, terlebih kita membutuhkan Tuhan Yesus. TUHAN itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya. (Mazmur 34 : 19)

4.      Pemuda kota yang liburan kesebuah desa, ia menuju hutan tetapi terpelosok kedalam lumpur maut yang menyebabkan kematiannya, tetapi beruntung karena ada pemuda desa yang menolong nyawanya, sehingga ia terlepas dari maut, pemuda kaya tersebut memberikan imbalan tetapi pemuda desa tidak mau menerimanya, ia melakukan dengan sukarela tanpa menuntut imbalan, pemuda kota dan keluarganya yang kaya menawarkan agar pemuda bersekolah, pemuda desa dibiayai oleh keluarga kaya dan karena kepintarannya ia lulus dari kedokteran, pemuda kaya mengikuti wajib militer, tetapi pada sebuah kecelakaan ia mengalami infeksi yang akan mengakibatkan kematian,, pemuda desa yang telah menemukan obat antibiotik penisilin menyembuhkan infeksi pemuda kaya tersebut, sehingga ia terbebas dari kematian karena infeksi,, pemuda kaya tersebut adalah Sir Winstar Chuchill orang yang memeliki kedudukan tertinggi di negara Inggris jabatan perdana mentri selama dua kali dan pemuda desa itu adalah Sir Alexander Fleming (1881-1955) tidak sia-sia jika kita menabur kebaikan kepada semua orang, bahkan orang yang tidak dikenal (Gal 6:9-10)

5.      Tom Stonehill dalam perjalanannya ia tanpa sengaja menginjak pedal gas pada mobilnya, kecepatan mobilnya melebihi batas ketetapan pada jalan tol, sehingga ia di tanggap oleh Sheerif, ia di tanya mengapa melakukan kesalahan, tanpa sengaja ia mengatakan bahwa ia sudah tidak tahan ingin mencari toilet, sherif menunjukan bahwa di depan ada toilet, ia berfikir pasti supermarket, ternyata ia sedang menuju rumah duka, dengan terpaksa ia menunpang, meneger rumah duka memberinya buku tamu untuk di isi setiap tamu yang datang, ia mengisinya, bahkan ia memberi tahu ia hanya ingin ke toilet, tatpi tatap disuruh mengisinya, untuk kedua kali ia disuruh mengisi secara lengkap, ia dengan lengkap mengisi alamat serta no hpnya, setelah pergi ke toilet, kembali ia memberikan penghormatan terakhir kepada jenazah yang ada di peti, dan meneger rumah duka selanjutnya ia pergi kepada sheerif yang menolongnya, ketika ia pulang beberapa hari kemudian ia mendapatkan telepon dari orang yang tidak dikenal, ingin bertemu, orang tersebut adalah pengacara, yang menerima surat kuasa dari Mr. Stenly Murrow, sebelum ia meninggal ia menyatakan orang yang datang ke pemakamannya ialah yang menerima semua warisannya, hampir sebagian kota adalah miliknya, karena orang tidak menyukainya karena ia tidak ada kepeduliannya terhadap orang lain, dan ketamakannya, sehingga orang tidak ada yang datang kepemakamannya, hanya orang yang tidak dikenal Tom yang mendapat warisannya, yang tanpa sengaja datang ke Rumah duka. Tuhan memberikan kepada setiap orang tanpa orang tersebut mengetahui apa yang akan terjadi (Ulangan 29:29)

6.      Pada 26 Desember 2004, gempa 8 skala richer mengguncang aceh dan sebagian pnduduk Asia, menghancurkan harta benda bahkan nyawa manusia sekitar 200 ribu jiwa meninggal di Aceh, Martunis berumur 7 tahun, kehilangan keluarga saudara, ibunya, dan ia selama 3 minggu dilaut terapung ditengah laut diatas papan, ia makan dan minun seadanya, setelah ombak mendamparkannya dipantai Aceh, relawan dari Inggri yang meliputnya menggunakan kamera TV mengumumkan lewak media internet sehingga seluruh negara melihatnya, Negara Portugal melihat Martunis menggunkan kostum Timnas Portugal sehingga ia mendanai Martunis untuk datang ke Portugal, semua negara sangat terharu bahkan pemain Timnas memberikan kesempatan bagi Martunis untuk menedang bola Kik Of ketika babak penyeisihan yang diadakan di Portugal, ketika Ia pulang ke Indonesia Martunis dberikan dana sebesar 55.000 Euro atau 500 juta Rupiah dari negara Portugal. Ketika bencana sekalipun bahkandalam kesendirian Martunis di tengah lau Tuhan dapat melakukan diluar kemampuan manusia (Luk 1:27) bagi manusia mungkin mustahil tetapi bagi Allah tidak ada yang mustahil.

7.      Seorang anak yang diajak oleh orang tuanya untuk mengunjung sebuah museum sejarah Amerika serikat, anak tersebut melihat sebuah lukisan yang ana tulisan “Tangannya masih disana” sebelah kiri terdapat rumah kecil dan sebelah kanan dari tulisan kedung putih di Amerika Sekikat, itu adalah lukisan Presiden Abraham Lincoln (1809-1865) Presiden ke 16 Amerika,  orangtuanya mengatakan arti tulisan itu adalah semua orang mempunyai kesempatan yang sama untuk mencapai kesuksesan melalui tangga perjuangan hidup.Abraham Lincoln telah menjadi teladan bagi semua orang bukan saja di negaranya tetapi semua orang di seluruh dunia. Bukan karena kami tidak berhak untuk itu, melainkan karena kami mau menjadikan diri kami teladan bagi kamu, supaya kamu ikut (i2 Tesalonika 3 : 9)
8.      Ketika saya naik Bus trans Jakarta saya mendengarkan petugas yang mengarahkan untuk penumpang wanita duduk didepan dan yang pria di belakang yang bertujuan tidak ada pelanggaran bahkan pelecehan terhadap wanita dan yang terutama untuk mendapatkan tempat duduk adalah orang cacat, wanita hamil dan lansia, juga tertempel pada kaca mobil sebuah stiker untuk mengutamakan orang yang kondisi fisik kurang mampu, menandakan adanya kepedulian dan kasih terhadap sesama terutama bagi orang yang mengalami kebutuhan untuk lebih diperhatikan, pentingnya mengutamakan orang lain tidak hanya kepentingan pribadi walaupun dengan hal yang sederhana, Tuhan Yesus mengajarkan pehatikan kita tertuju kepada sesama, siapa yang menghargai sesama ia menghargai Tuhan. Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik (Ibrani 10 :24).
9.      Ketika saya ke sebuah tempat pembuangan akhir (TPA) sampah DKI Jakarta letaknya di Bantar Gerbang bekasi (Jakarta Timur), saya melihat betapa orang miskin yang tertinggal tidak ada fasilitas kenyamanan dan kesehatan yang tidak memadai, sarana air bersih yang sulit di dapatkan, kehidupan masyarakatnya mengandalkan sampah kiriman dari Jakarta, pekerjaan sebagai pemulung dijalani untuk memenuhi kebutuhan hidup, saya terkagum melihat seorang wanita dengan mengajar anak-anak yang tidak mampu sekolah disekolah formal yang membutuhkan biaya untuk sekolah, tiap hari ia mengajar dengan tekun, walaupun ia sendiri dengan hanya pendidikan yang cukup rendah, tamatan SD yang di miliki tidak ia sia-siakan, ia mengajar dengan kemampuan yang dimiliki, berkat kerja kerasnya, anak-anak pemulung mampu membaca dan menulis dengan baik. Tuhan memperlengkapi kepada seseorang untuk memperlengkapi orang lain, saya sadar apa yang kita miliki berasal dari Tuhan sepatutnya kita yang yang mendapat kesempatan lebih baik dari orang lain, harus memberikan ilmu yang diperoleh untuk kemajuan orang lain, agar saling membangun. Hendaklah kebaikan hatimu diketahui semua orang. Tuhan sudah dekat (Filipi 4 : 5)

10.  Saya dan dua teman saya ingin berkunjung pergi kesebuah desa tempatnya cukup jauh dari kabupaten Keerom selama 4 jam menuju perbatasan desa kalipou kecamatan waris letaknya antara Papua Neugini dan Indonesia, ketika dalam perjalanan kami bertemu dengan anak-anak saya mengajak untuk naik mobil, dan dalam perjalanan kami bercerita. anak SMP yang bersekolah menuju kecamatan (waris) karena sekolah yang cukup jauh, berjalan kaki selama 12 Kilometer selama itu dengan kondisi geografis alam Papua, dengan gunung dan bukit dilalui tanpa sendal, kadang-kadang tanpa sarapan berbekalkan singkong di tas, untuk pengganti sarapan, jam 3 malam dilalui dengan kabut dan hawa dingin untuk mendapatkan ilmu untuk meraih cita-cita, saya kagum dengan semangat yang dimiliki, Tuhan mengajarkan kepada kita untuk tidak mudah berputus asa, Ia selalu menyertai dalam setiap kehidupan kita, agar kita menjadi pemenang. Sebab TUHAN, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati. (Ulangan 31 : 8)   

11.  Saya berkesempatan berbincang-bincang dengan seorang ibu dengan tempat tinggal sederhana di Jakarta, keseharian ia berjualan didepan kampus saya tinggal, saya bertanya dengan ibu kenapa bertahan dengan kondisi yang tidak layak ditinggali, jika hujan dan banjir ibu terkadang kedinginan karena tepat ia berjualan sering dilanda banjir, terkadang ia tidur dalam kondisi bajir dan pakean yang digunakan pasti basah karena harus menjaga barang jualannya, ia mengatakan demi keluarga ia berkorban untuk mencukupi kebutuhan hidup dan sekolah anak-anaknya. Tuhan mengajarkan untuk menghormati dan menghargai mereka yang bekerja keras, dan menghormati orangtua sebagi anak-anak yang takut akan Tuhan, karena orangtua wakil Allah yang meperhatikan setiap anak-anaknya, dan jasa yang diberikan orangtua sebagai anak tentunya tak akan dapat membalasnya, hanya ketika kita takut dan menghormati orangtua. Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia  yang memberi kekuatan  kepadaku (Filipi 4 : 13)

12.  Saya menghampiri seorang tukang ojek yang saya sangat kenal dengan baik namanya biasa saya panggil mas Sadil, karena sering ngobrol, saya melihat tempat tidurnya yang sederhana pastinya tidak nyaman jika saya belum terbiasa seperti itu, nyamuk yang banyak beterbangan pastinya akan mudah membuat ia sakit, saya bertanya berapa perolehan uang tiap harinya, dia mengatakan tidak menentu, kalau sepi kadang-kadang hanya cukup untuk makan,,kalau kondisi lagi banyak penumpang ya bisa di tabung untuk keluarga di kampung untuk anak sekolah yang membutuhkan banyak biaya, saya melihat ketekunan yang ia miliki, jika hujan pastinya sangat dingin dan kebanjiran tetapi demi keluarga dia rela menjalani semua. Tuhan memberikan berkatnya kepada siapa saja yang bekerja keras dan yang menggunakan talenta yang diberikan untuk kemuliaannya, apalagi untuk mencukupi kebutuhan keluarga, sebagai anak juga harus menghargai jerih payah orangtua. Hormatilah ayahmu dan ibumu , supaya lanjut  umurmu di tanah  yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu. (Keluaran 20 :12)

13.  Saya mengunjungi pemulung yang tinggal di kolong jembatan Grogol (Jakarta Barat) untuk menginjili, karena mendapat matakuliah Penginjilan megakota, saya bertemu dengan Pak Hutabarak dengan ibu Sringatun yang telah lama tinggal di kolong jembatan karena tidak memiliki tempat tinggal, saya kagum dengan melihat anak berusia 6 bulan dalam ayunan yang biasa dipanggil Butet, dengan ceria dan tertawa yang lucu, saya menanyakan apakah ia ikut imunisasi, Pak Hutabarak mengatakan tidak tapi kondisinya baik-baik aja, hanya kadang-kadang panas, kemudian ia bercerita bahwa sebenarnya anak tersebut bukan anaknya, hanya dititipkan seorang ibu yang meninggalkan anaknya untuk dirawat dan ibu tersebut tidak kembali untuk melihat anaknya, dan yang merawat Pak. Hutabarak dan Ibu yang setia dengan kondisi seadanya. Tuhan mengajarkan untuk mengasihi kepada mereka yang membutuhkan dan menolong mereka yang dalam kesusahan, saya sadar dalam kesusahan kita harus juga menolong orang lain. Tuhan Yesus mengajarkan untuk berbagi kepada mereka yang berkekurang. yaitu hidup kekal  kepada mereka yang dengan tekun berbuat baik, mencari kemuliaan,kehormatan  dan ketidakbinasaan (Roma 2 : 7)


14.  Kesempatan liburan saya gunakan untuk berkunjung keluarga saya di Madiun dan silahturahmi karena sudah 8 tahun tidak bertemu, saudara nenek saya yang sakit saya berkunjung kerumahnya, kakek saya sudah meninggal, dalam rumah saya tinggalah dua orang bulek saya (tante) yang cacat semenjak kecelakaan waktu kecil menyebabkan kebisuan dan nenek saya saya yang mempunyai penyakit rematik, kaki yang sakit jika digerakan dan sulit melakukan sesuatu dan penyakit tuna rungu yang diderita menyebankan sulit berkomunikasi karena keduanya mengalami cacat fisik, saya juga mengalami kesulitan dalam berkomunikasi karena harus menggunakan bahasa syarat yang saya belum bisa, ketika waktu sholat saya melihat patinya sakit dengan menggerakan kaki, tetapi tetap dilakukan dengan tekun dan pastinya menahan sakit, saya kagum dengan kesetiaan untuk mejalankan ibadahnya apapun keadaannya. Tuhan Yesus mengajarkan untuk setia berdoa kepada Tuhan baik ataupun tidak baik waktunya, dan selalu bersyukur dalam segala hal, tidak mudah putus asa menyerah dengan keadaan. Orang yang tidak mengenal Tuhan Yesus sanggup lakukan, apalagi kita yang telah mengenal kebenaran. Tetaplah berdoa ( 1 Tes 5: 17)

15.  Saya berkunjung kesebuah rumah sakit di Jayapura, untuk melihat anak yang mengalami luka bakar karena jatuh dalam api saat penyakit epilepsi yang dideritanya kambuh, waktu itu ada seorang ibu yang membutuhkan dua kantong darah golonga “B”, lalu saya dengan teman memeriksa untuk mendonorkan darah karena dua hari lagi anaknya akan di operasi karena mengalami patah tulang pada kakinya, fisik dan darah saya ditensi bagus akhirnya darah saya diambil satu kantong untuk didonorkan pada anak yang sakit. Tuhan mengajarkan tidak ada yang kebetulan didunia ini Tuhan merencanakan untuk saya menolong mereka yang membutuhkan dan berbagi kepada mereka yang kekurangan, hidup kita harus menjadi berkat bagi orang lain, Tuhan Yesus mengajarkan untuk kita mengasihi sesama terlebih Tuhan, karena Tuhan Yesus telah lebih dahulu mengasihi kita, dengan pengorbanan-Nya di kayu salib menebus dosa kita. Saudara-saudaraku  yang kekasih, jikalau Allah sedemikian mengasihi kita,  maka haruslah kita juga saling mengasihi. (1 Yohanes 4 : 11)

16.  Saya mengikuti pelayanan yang diadakan disuatu persekutuan oleh yayasan yang mepedulikan orang-orang yang dianggap terbelakang dan kurang mendapat perhatian pemerintah di Jakarta, saya melihat dan mendengar banyak kesaksian yang disampaikan dalam persekutuan ibadah. banyak orang dengan latar belakang kehidupan yang kurang diperhatikan, ada yang pernah sebagai penjahat, perampok, dan pecandu narkoba, pernah mengalami masuk penjara, Yayasan yang perintis persekutuan mengumpulkan setiap orang dan memberikan bantuan serta kebutuhan rohani pengenalan akan Firman Tuhan, sehingga terjadi perubahaan baik kehidupan maupun kerohanian. Tuhan Yesus mengajarkan Ia setia dan adil menghapuskan setiap dosa manusia yang maubertobat dan kembali kepada jalan yang benar, walaupun dosa merah seperti kesumba akan dibuat putih seperti salju, dan hidup yang diperbaharui. TUHAN menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya; apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab TUHAN menopang tangannya. (Mazmur 37 : 23-24)

17.  Saya melayani di sebuah gereja perintisan yang berada dibekasi, ada delapan gereja yang jaraknya saling berdekatan, dan terkadang terjadi konflik antara jemaat hanya masalah mendapatkan tempat parkir, tetapi satpam dengan setia mengatur setiap kendaraan sehingga tidak terjadi permasalahan antara jemaat, saya merasa heran kenapa banyak gereja dan dedominisasi sehingga menyebabkan perpecahan antara tubuh Kristus, sehingga tidak saling mengenal antara satu dengan yang lain dan saling menjatuhkan. Tuhan Yesus mengajarkan untuk hidup mengasihi kepada semua orang terutama kepada saudara-saudara yang seiman. supaya jangan terjadi perpecahan dalam tubuh, tetapi supaya anggota-anggota yang berbeda itusaling memperhatikan (1 Korintus 12 : 25)

18.  Saya memiliki sahabat yang walaupun berbeda agama dan suku tetapi kami masih tetap menghargai seperti saudara kandung, walaupun dengan jarak yang jauh tetapi hubungan komunikasi tetap ada, terkadang saudara dekat dan seiman tidak dapat menjalin hubungan dengan baik, saling menjatuhkan. saya senang walaupun berbeda tetap menghargai. Tuhan Yesus mengajarkan untuk hidup rukun dengan semua orang, jangan jadikan perbedaan sebagai penghalang untuk tidak mengsihi, ia mengajarkan kepada musuh kitapun harus mengasihi. Peliharalah kasih persaudaraan (Ibrani 13 : 1).

19.  Ketika banjir di Jakarta melanda pada bulan januari 2013, kampus yang kami tinggali mengalami kebanjiran sehingga banyak barang yang harus dibersihkan akibat banjir yang menghancurkan banyak barang dan peralatan yang harus diperbaiki, semua mahasiswa bersama-sama membersihkan supaya kuliah dapat kembali dilakukan dengan keadaan yang baik. Tuhan Yesus mengajarkan saling membantulah kamu sekalian dalam menyelesaikan setiap permasalahan, hidup sehati, seia dan sekata dalam satu tujuan, mejauhkan dari kepentingan pribadi mengutamakan kepentingan bersama. Efesus 4 : 2 Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu

20.  Saya dan PKMB gereja Jakarta Baptis Community (JBC) mengadakan pertandingan Futsal antara mahasisw STTBJ dan jemaat, dengan penuh semangat tetapi kekalahan terjadi karena kerjasama antara pemain yang belum terjalin dengan baik, dan penyelesaian bola ke gawang lawan yang kurang tepat, akhirnya pengatran strategi dimulai dan kerjasama dilakukan tidak egois untuk membuat gol sendiri, tetapi kerjasama team yang diperlukan, pada akhirnya kemenangan 4-3 bagi STTBJ. Tuhan mengajarkan untuk hidup penuh kerukunan dan manusia tidak bisa hidup sendiri dengan melakukan sendiri tidak membutuhkan orang lain, Tuhan menciptakan manusia untuk saling memperlengkapi, karena manusia makluk sosial, sehebat apapun manusia pastinya membutuhkan orang lain untuk mencapai keberhasilan dan kesuksesan. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah  diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik. (2 Tim 3 :17)             




Rabu, 12 Juni 2013

SEORANG PENDETA YANG AKTIF DALAM PARTAI POLITIK



BAB I
PENDAHULUAN

     Seorang Pendeta yang telah dipilih oleh Allah untuk melakukan tugas khusus memberikan semua tenaga, waktu dan hidupnya bagi Tuhan harus benar-benar dari hati tidak lagi memikirkan kepentingan untuk memuaskan diri sendiri dan mengikuti berbagai kegiatan yang tidak lagi melanani Tuhan, banyak hamba Tuhan yang tidak melayani Tuhan, dikarenakan banyak pertimbangan dan tuntutan.
Dalam makalah ini akan membahas tentang pendeta yang aktif dalam partai politik. pada zaman sekarang ini karena perubahan reformasi semua warga negara berhak menjadi pemimpin daerah bahkan seorang pendeta sekalipun memiliki kebebasan. Dan banyak pendeta telah beralif profesi dengan terlibat dalam dunia politik bangku kepemimpinan dipemerintah pusat dan daerah, dengan gaji yang sangat menjamin, untuk itu banyak yang ingin menjadi pemimpin dalam partai politik. Pendeta yang merasa kekurangan dikarenakan gaji yang kecil dan fasilitas yang kurang, dapat terpengarung dengan ikut pemilihan dalam setiap pemimpin daerah.


BAB II
SEORANG PENDETA YANG AKTIF DALAM PARTAI POLITIK

     Penatua, uskup, penilik, gembala, dan pendeta, semua menunjuk pada jabatan yang sama di gereja setempat. Hal ini dapat dilihat dengan memeriksa kata-kata Yunani yang dipergunakan dalam perjanjian Baru untuk menggambarkan para pemimpin gereja. Kata presbuteros, yang dipergunakan lebih dari 60 kali, berarti seorang yang berumur atau penatua . Kata episkuros berarti penilik atau pengawas tinggi dan juga diterjemahkan sebagai “uskup” dalam sejumlah terjemahan Alkitab. Kata poinmen berarti gembala dan dapat juga diterjemahkan pendeta1 dengan demikian prebuteros, episkuros, dan poimen semua digunakan untuk menunjuk kelompok pemimpin yang sama dari gereja Efesus, setiap gereja harus mempunyai satu saja penatua pengajar dan ia di sebut pendeta.
Kata politik ada hubungannya dengan berbagai kata Yunani, kata polis berarti benteng, kota, negara, akhirnya suatu bentuk tertentu, yakni demokrasi. Kata politik ada hubungannya dengan kata Yunani : Politeia, yang bermacam-macam artinya : penduduk atau warganegara, hak warga negara, kewarganegaraan, tetapi juga tatanegara, bentuk pemerintah, dll2 setiap warga negara siapapun dia apapun jabatannya memiliki hukum dan kedudukan yang sama didalam berpolitik semua orang dapat terlibat bahkan seorang hamba Tuhan dan pendeta memiliki kedudukan sama dalam berpolitik, tidak ada batasam karena menenjak terjadinya reformasi setiap daerah diberi kewenangan masing-masing untuk mengrus peminpin dan kepala daerah sehingga banyak orang masuk dalam dunia politik, dengan kedudukan, gaji dan fasilitas yang baik, membuat semua orang berlomba untuk ikut berpolitik dan ingin menjadi pemimpin. Daerah yang masih dalam tahap pemekaran membutuhkan tenaga dan kemampuan serta mempunyai kemampuan dalam memimpin, di daerah yang sulit untuk menerima pendidikan yang baik, pada akhirnya banyak yang sekolah keluar daerah bahkan keluar negeri, untuk mendapatkan pengetahuan termasuk hamba Tuhan, setelah mendapatkan gelar dan kemampuan, Pendeta akan mendapat tempat didalam masyarakat sehingga banyak jemaat dan simpatisan jika pendeta memiliki karakter yang baik, dapat meiliki jumlah jemaat yang banyak sehingga mempermudah dalam perolehan pendukung suara dalam berpolitik karena banyak dukungan, sehingga pendeta tidak lagi melayani dan fokus kepada jemaat, menyebabkan terabaikan pelayanan kepada umat yang telah dipercayakan oleh Tuhan. Jemaat menjadi terlantar seperti domba-domba yang tidak bergembala, sehingga jemaat dapat terjadi perpecahan dan jemaat akan mengundurkan untuk pindak ke gereja yang lain.
Pentingnya memahami panggilan setiap orang memiliki pilihan dalam pekerjaan tetapi Tuhan menghendaki bukan melayani untuk manusia dan memuaskan diri sendiri tetapi untuk Tuhan, ketika manusia hanya ingin kehormatan dan pujian dari manusia dengan melupakan Tuhan, apalagi menimbulkan pertengkaran dalam memperoleh jabatan. Tuhan menegur para murid ketika ada pertengkaran diantara mereka siapa yang terbesar diantara mereka. Pelayanan semu terpengaru oleh “rencana hebat” perhatian ditujukan kepada perolehan tambahan-tambahan yang mengesankan majelis gereja. Ia suka melayani, terutama bila pelayanan itu sangat besar dan hebat3. Setiap pekerjaan mempunyai tujuan setiap orang mempunyai perencanaan, panggilan seorang pendeta yang walaupun hidup dalam kesederhanan yang harus tinggal di desa jauh dari fasilitas jika dengan tekun dan mengerti bahwa panggilan Tuhan yang mulia, akan menjalankan tugas dengan baik dan takut akan Tuhan, Seorang pendeta harus melayani bukan hanya untuk sementara waktu, tetapi sepenuh waktu.
Allah menyatakan bahwa fungsi utama para imam Lewi ialah untuk “mendekat kepada-Ku untuk menyelenggarakan kebaktian (Yehezkiel 44 :15). bagi keimaman perjanjian lama, berbakti atau beribadah kepada Tuhan harus mendahului segala tugas lainnya. Hal ini juga berlaku bagi keimaman universal dari perjanjian baru. Satu godaan yang sangat berbahaya yang kita semua hadapi ialah memenuhi undangan untuk melayani di mana-mana tanpa beribadah kepada Tuhan sendiri4. Pendeta yang telah memilik banyak pendukung dan jemaat serta simpatisan yang mengenal tentunya akan mudah mendapatkan suara dalam berpolitik, tetapi apa yang dilakukan oleh imam lewi sejak dalam perjanjian Lama dan perjanjian baru dengan jelas menyatakan apa yang harus dilakukan seorang imam sebagai orang yang telah dipilih dan ditetapkan oleh Allah orang tersebut harus mengutamakan tugas panggilanya. orang yang memimpin ibadah harus mengutamakan upacara peribadah yang dilakukan imam Lewi, daripada kepentingan pribadi.
Kekristenan mengalami pergolakan yang terjadi pada Abad XI dikarenakan Paus sebagai pememimpin tertinggi di katolik Roma berkuasa bukan hanya dalam keagamaan gereja Katolik tetapi juga istana Paus adalah pusat dari mesin administrasi yang besar, dan banyak terlibat dalam politik yang mengakibatkan terjadinya perselisihan dengan Martin Luther5. Melihat dari pengalaman yang terjadi tentunya menjadikan pertimbangan untuk mengambil keputusan dengan penuh kesadaran resiko yang dihadapi seorang pemimpin gereja. Pendeta jika terlibat dengan politik tentunya harus membedakan antara kepentingan umat atau berpolitik, ketika pendeta memegang dua jabatan sebagai pendeta dan ikut dalam berpolitik tentunya akan mengalami hal yang sama ketika terjadi perpecahan dan perselisihan, sama dengan yang di alami oleh gereja katolik roma pada abad XI. Kekuasaan Paus lebih tinggi dari pemerintah bahkan menggunakan kekuasaan dalam menjari kekeuasaan pasinya tidak dikehendaki oleh Tuhan sebagai hamba Tuhan yang telah mendapat panggilan untuk melayani sepenuh waktu.
Dalam perjanjian lama ketika para nabi menyampaikan firman Tuhan yang menjadi fokus utama bukan untuk berpolitik tetapi memperingatkan akan dosa, bangsa Israel sebagai bangsa tidak tergantung kepada keunggulan politik. Kesetiaan dalam memenuhi maksud pengutusan Allah bagi mereka menjelaskan peluang mereka untuk kebesaran. Israel diciptakan untuk menjadi bangsa yang melayani6. Mempelajari apa yang dilakukan oleh para nabi menjadi pemberita Firman untuk bangsa Israel yang yang walaupun menjadi penasehat raja dan menjadi orang kepercayaan raja dan istana, tetapi bukan untuk medapatkan jabatan dalam yang menjadi fokus utama, pendeta penting mengikuti perkembangan Politik dan menjadi bagian kesejahtraan kota dimana ia tinggal tetapi bukan untuk terlibat dalam politik dan meninggalkan panggilan sebagai pendeta, Ketika Tuhan Yesus datang di dunia Ia juga mendapat tantangan dari orang-orang farisi yang pandai perpolitik dan menggunakan kekuasaan untuk kekusasan dan berbuat jahat kepada kaum yang miskin dan tertindas, seorang pendeta penting dalam mengambil bagian ketika tidak adanya keadailan dan penindasan kepada kaum yang terabaikan dan yang tidak diperhatikan oleh negara, tetapi yang menjadi fokus utama adalah menyampaikan kabar keselamatan, Tuhan Yesus memiliki fokus apa yang harus dilakukan yaitu menganyampaikan keselamatan dan melakukan apa yang diperintahkan oleh Allah untuk datang kedalam dunia sebagai manusia.
Seorang pendeta mempunyai pendirian panggilan yang jelas apa yang menjadi prioritas sangatlah penting agar tidak bimbang waktu menlayani, kehidupan ibadah yang perlu dilakukan dengan setia, hubungan keluarga setiap orang harus dijaga dan perhatian terhadap keluarga jemaat, dan beban sebagai pendeta yaitu untuk memberitakan injil kepada orang yang mengenal kebenaran Yesus Kristus, belajar Firman Tuhan dengan tekun, kemajuan pendeta dan gereja yaitu bagaimana berkhorbah yang baik dan benar, yang terpenting yaitu menggembalakan jemaat. Hubungan dengan anggota-anggota gereja akan memberi keseimbangan pada pelayanan. Sang pengkhotbah harus juga menjadi sang gembala7. Ketika seorang pendeta yang terlibat dalam dua pelayanan pastinya akan kesulitan melalukan tugas sebagai seorang pendeta jika terabaikan maka jemaat akan mengalami kemunduran dalam kerohian apalagi pendeta terlibat dalam politik, hubungan antara pendeta dan jemaat akan sulit bertemu dengan kesibukan masing-masing tugasnya, karena pendeta yang terlibat politik pasti memiliki dua pelayanan yang harus dipertanggungjawabkan.

BAB III
KESIMPULAN

     Pendeta memdapat panggilan khusus yang bertujuan untuk maksut yang sangat baik mengembalakan jemaat yang telah dipercayakan dengan penuh tanggungjawab mengorbankan segala sesuatu sama sperti yang dilakukan oleh Tuhan Yesus Kristus. Ia juga mengikuti politik tetapi tidak menjadi tujuan utama, yang utama menyampaikan kabar keselamatan bagi umat manusia.
Politik yang ada disetiap negara mengharuskan semua warga negara harus terlibat dan warga mempunyai hak untuk berpolitik termasuk Pendeta, tetapi yang menjadi prioritas pendeta adalah menyampaikan kabar tentang keselamatan dan menjaga setiap jemaat yang dilayani. Saya selaku penulis makalah menyatakan tidak setujua jika yang menjadi fokus utama untuk melayani terlibat aktif dalam berpolitik dan mengabaikan jemaat yang dilayani, jika seorang pendeta ikut aktif dalam perpolitik harus meninggalkan jabatan sebagai pendeta agar tidak ada perselisihan antara jemaat dan pendeta dan jemaat antara jemaat yang lian.
Tuhan menginginkan pelayanan yang sepenuh waktu bukan hanya sekedar dan menjadi batu loncatan ingin mengejar karir dan jabatan apalagi harta dan kehormatan. Tuhan Yesus menginginkan pelayanan dan kerelaan yang dari hati, bukan keterpaksaan.

DAFTAR PUSTAKA

  1. Ronald W. Leigh. MELAYANI DENGAN EFEKTIF
  2. DR. J. Verkuyl. Etika Kristen. Ras, Bangsa, Gereja dan Negara
  3. Richard J. Foster. TERTIB ROHANI
  4. Pdt. Dr. E.P. Ginting s. GEMBALA DAN PASTORAL KLINIS
  5. Robert D. Dale. PELAYANAN SEBAGAI PEMIMPIN
  6. Waren W. Wiersbe dan Howard F. Sugden. MEMIMPIN GEREJA SECARA MANTAP

Selasa, 11 Juni 2013

TUHAN YESUS PENGGENAPAN PERJANJIAN


KEUNIKAN TUHAN YESUS
Pada mulanya adalah firman ; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah (Yoh 1 :1). kata-kata "pada mulanya" diterjemahkan dari ungkapan kata-kata bahasa Yunani "en"yang berarti "didalam" atau"pada" dan arkhe" yang berarti purbakala, maka berarti purbakala itu tak terbatas. Ditambahkan pula dengan bentuk "imperfect" yaitu keterangan waktu, bersama-sama dalam pikiran Yunani adalah satu kesatuan, menunjukan bahwa Kristus adalah Firman itu bukan saja ada terus menerus dimasa lampau yang tak terbatas. Juga menyatakan kesatuannya dengan Allah. Yesus yang adalah Allah mengambil bagan manusia. Yohanes mendeklarasikan bahwa logos itu menjadi sark (daging) atau mengambil daging sama dengan manusia(en sarki) sama dengan en carne dalam bahasa latin yang diterjemahkan (inkarnasi).

TUHAN YESUS DIKEKEKALAN MASA LAMPAU
Kehadiran Yesus secara fisik di dunia ini memang sekitar 2000 tahun yang lalu, tetapi Ia telah hadir sejak dahulu kala dan Ia kekal adanya. Keilahiannya; maha kuasa, Ia berkuasa atas dosa dan penyakit Ia bahkan berkuasa atas maut. maha tahu, maha hadir, tidak berubah. kegiatan-Nya dimasa lampau, menciptakan dunia (Kej 1 : 1-3), keberadaan-Nya didalam Tritunggal Elohim (Kej 1:1; Yes 6:8), Melekh Yahweh (Kej. 22 :11, 15-16) Bapa, Anak dan Roh Kudus adalah Allah (Yoh 6:26; Ibr 1:8; Kis 5 :3-4), ketiga pribadi dihubungkan secara sama dan sederajat (Mat 28 :19;2 Kor 13:14).
Gelar Tuhan istilah Yunani Kyrios (Kurios) menurut pengertian Yunani. Gereja menggunakan Kurios/Tuhan. Kyrios dalam septuaginta adalah terjemahan arti istilah Yehovah atau Yahweh. Yesus Anak Allah berarti satu dengan Bapa-Nya (Yoh 19 :7; Mat 27:42,43). satu-satunya yang dapat menunjukan orang kepada Allah ialah anak-Nya (Yoh 14 :6)



TUHAN YESUS DALAM PERJANJIAN LAMA
Pertama Allah (Elohim) yang perkasa (Yes 9:5) sama dengan Theos dalam perjanjian baru (Rm 15 :6 ;Ef 5:5, 20 ; 2 Ptr 1:1)
Kedua Yahweh, seperti dalam Zakharia 12:8-10. pembicaraan disini dilakukan oleh Yahweh tentang mesias itu dikatakan oleh Yahweh sendiri, nama ini begitu keramat sehingga orang-orang Yahudi harus menggantikannya dengan istilah Adonai.
Ketiga Adonai artinya Tuhan maupun Tuan Mazmur 110:1 nubuatan kemenangan yang digenapi. Dikutip beberapa kali oleh-Nya (Mat 22 :14; Mrk 12:36; Luk 20:43; Kis 2 :34-35; Ibr 1:13;10:1)Yesus dinyatakan sebagai Tuhan dan Tuan atas manusia dan malaikat.
Keempat Malaikat Yahweh dibuktikan (Kej 16:7-13) dikala ia berbicara dengan Hagar. (Kej 22 : 15-18) pengorbanan Ishak oleh Abraham. (hal 43). Malaikat Yahweh tentunya adalah pribadi kedua dari Tritunggal. Yesus Kristus adalah Allah yang kelihatan dalam perjanjian baru. Dalam upacara baptisan-Nya. Roh memanifestasikan dalam bentuk burung merpati. Malaikat Yahweh itu tidak pernah lagi menampakan diri-Nya sesudah inkarnasi Anak Allah Yesus Kristus. (Kej 18 :1-13) Yahweh dilihat manusia yang menyelamatkan Lot dan keluarganya sebelum Sodom dan Gomora dibinasakan itu adalah Yesus Kristus. Theophany adalah Allah menyatakan diri-Nya dalam bentuk manusia sehingga dapat dilihat oleh manusia (Kej 32:24-32).
Kristus dalam perjanjian lama istilah Mesias berasal dari kata "Mesiah" (Ibrani) transliterasi dari bahasa Aram dari "Magchah" yang berarti mengurapi. Istilah yang berarti sama dalam perjanjian baru ialah"Khristos"atau Kristus yang berarti "yang diurapi". Nubuatan khusus tentang mesias. Yesaya 7:14 suatu tanda yang hanya digenapi oleh Yesus Kristus. Kehidupan Kristus akan ditandai dengan banya mujizat Yesaya 35:5-6, kedatangan-Nya multi fungsi sebagai raja, imam, dan raja (Mat 3:3;Mrk 1:2; Lks 7:27).

INKARNASI TUHAN YESUS KRISTUS
Asal kata dari bahasa Latin In Carne yang dalam bahasa Yunaninya ialah en sarki yang artinya "dalam daging" (1 Yoh 4:2). jadi karena Kristus telah menderita badani, kamu pun harus juga mempersenjatai (1 Ptr 4:1). keempat injil menyatakan Markus Yesus Kristus sebagai hamba (Mrk 1 :1), injil Lukas Yesus sebagai manusia (Lks 1:1), injil Yohanes Yesus logos menjadi manusia (Yoh 1:1), injil Matius Yesus sebagai raja (anak Daud). Kristus adalah Allah sejati dan manusia sejati. Cara inkarnasi melalui nubuatan artinya bahwa kedatangan Anak Allah yang dalam daging telah di nubuatkan oleh nabi Yesaya. Sebagaimana ditemukan dalam Yesaya 7: 14 yang berbunyi " sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan tanda kepadamu suatu pertanda : sesunguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang laki-laki, dan ia akan menamakan Imanuel. Tujuan inkarnasi/penjelmaan adalah untuk menyatakan Allah kepada manusia (Yoh 1:18), untuk menyediakan korban bagi tebusan dosa manusia (Ibr 10 :1-10), untuk menghancurkan pekerjaan setan (Yoh 3:8). tubuh jasmani yang dimiliki Yesus terdiri dari darah dan daging seperti tubuh-tubuh lain. Kecuali kenyataan bahwa tubuh itu adalah tanpa dosa. Firman Allah jelas mengungkapkan bahwa Kristus menjadi manusia dan mengambil bagi diri-Nya daging dan darah (Yoh 1:14; Ibr 2 :14), tubuh kebangkitan Yesus merupakan tubuh yang dapat dilihat dan dijamah orang (1 Yoh 1:1-2; Mat 26:12). dalam Ibrani 4:15 mencatat bahwa Kristus tidak berbuat dosa, meskipun Ia telah dicobai. Dalam Matius 26:28 dikemukakan bahwa jiwa Yesus berduka, demikian juga pernyataan Yohanes yang mengatakan bahwa roh-Nya tertekan (Yoh 13:21). Ia digerakan instink manusia normal dan Ia menggunakan kekuatan aktif yang dimiliki oleh manusia normal. Kenyataan itulah Ia merasa lapar (Mat 4:2), Ia merasa haus (Yoh 19:28), Ia menjadi lelah (Yoh 4:6), Ia menangis (Yoh 11:33, 35), Ia dicobai (Ibr 4:15). melihat pada sisi kemanusiaan Yesus, Ia sungguh-sungguh memiliki nama sebagai manusia. Anak Manusia (Luk 19:10), kematian Yesus ialah dengan menanggung sengsara yang amat berat (Luk 22:44). kesengsaraan itu dalam sekali sehingga darah mengalir keluar dari pori-pori kulit-Nya, yaitu darah manusia sejati. Jiwa dan tubuh-Nya berpisah (Luk 19:30). realitas kematian-Nya nampak jelas pada kenyataan bahwa dan air keluar dari lambung-Nya yang tertikam (Yoh 19:30). kematiannya adalah karena sukarela menyerahkan nyawa-Nya kepada Allah Bapa. Jadi berbeda dengan kematian manusia pada umumnya, karena manusia nyawanya diambil dari padanya. KemahakuasaanNya (Mat 28:18) menunjukan bahwa kuasa-Nya tidak terbatas sehingga mampu menolak dosa yang mencabai kemanusiaan-Nya. KeMahatahuan-Nya (Yoh 2:25) menunjukan bahwa Ia tahu semuanya sebelum Iblis bergerak dan mengambil tindakan apapun. Hawa bisa ditipu karena keterbatasan. Pikirannya, perasaannya dan kemampuannya. Sedangkan Yesus tidak demikian karena Ia mahatahu. Tubuh-Nya kekal (Kis 7:55; Mat 26 :64). Kehendak Kristus adalah melakukan kehendak Bapa (Mat 26:39,42) Kristus memiliki otoritas penuh atas diri-Nya (Yoh 10:18).

LINGKUP KEHIDUPAN TUHAN YESUS KRISTUS DI DUNIA
Dalam pengajaran-pengajaran-Nya Yesus Kristus menguatkan hukum-hukum Musa dengan menyatakan bahwa hukum-hukum itu harus digenapi (Mat 5: 17-18). bagi Dia, hukum taurat adalah penyataan kehendak Allah, yang kekal dan tidak dapat di ubah. Itulah sebabnya Tuhan Yesus menyatakan bahwa Dia datang bukan untuk mengubah kehendak Allah itu atau meniadakannya. Sebaliknya, Dia datang untuk menggenapinya.
Injil Matius menyajikan Kristus sebagai Raja, injil Markus Yesus sebagai hamba Tuhan, injil Lukas Kristus sebagai manusia sempurna, injil Yohanes Yesus adalah Allah sejati.

TUHAN YESUS KRISTUS DALAM PENDERITAAN DAN KEMATIANNYA
semua doktrin Kristen menjadi tidak relevan terlepas dari asas ini. Penciptan dunia, inkarnasi, kebangkitan, kedatangan keduakali dan adanya sorga dan bumi yang baru tak mempunyai makna, jikalau Kristus tidak mati. Golongan liberal mengabaikan Alkitab, mereka mengatakan Kristus tidak sungguh-sungguh mati dan itulah sebabnya Ia bisa hidup lagi. Ada yang mengatakan bahwa Ia mati tapi tak sungguh-sungguh bangkit. Ada pula yang mengatakan bahwa Ia ditukarkan oleh Allah sebelum penyaliban-Nya. Namun Firman Tuhan tidak ragu-ragu dalam mengungkapkan kematian-Nya baik dalam penyataan nubuatan-nubuatan sebelum kematian-Nya (Mzm 22 :110; Yes 53; Mrk 8:31; Luk 9:22) maupun fakta-fakta sejarah. Semua Injil dan semua surat-surat kiriman menyatakan tentang kematian-Nya (Mat 27:32-66; Mrk 15:21-47; Luk 23:26-56; Yoh 19:16-42; Rm 5:6; 1 Kor 15:3; 2 Kor 5:15; Why 5:9). Enam hari sebelum paskah, dua hari sebelumnya Yesus masih memperingatkan orang banyak tentang resiko menolak Dia, dan sekaligus menegur orang-orang Farisi. Hari kamis malam Yesus mengumpulkan murid-murid-Nya untuk makan terakhir bersama (Yoh 13 :16). Ia ditangkap dan diadili 6 kali, 3 kali oleh pemimpin-pemimpin Yahudi dan 3 kali oleh pemimpin-pemimpin Romawi. Didepan hanas (Yoh 18:12-24), Kayafas (Mat 26:57), Pilatus (Mat 27:11), Herodes (Luk 13 :8-12), Pilatus, selanjutnya kepada imam-imam kepala karena dengki (Mat 27:15-26). manusia tidak perlu membawa korban demi atau untuk pengampunan dosanya, karena Allah sudah memberikan Domba Allah sendiri (Yoh 1:29).
KEBANGKITAN TUHAN YESUS KRISTUS
Istilah kebangkitan berasal dari suatu kata bahasa Latin "ressurrectio" dan dalam bahasa Yunani berasal dari kata "egeiro anastasic" yang artinya di bangkitkan dalam perjanjian baru istilah kebangkitan berarti melepaskan tubuh dari kematian. Orang Saduki menolak adanya kebangkitan tubuh (Mat 22:23-33). Yesus di salibkan jam 9 pagi, Ia mati jam 3 sore, Ia dimasukan ke kuburan kurang lebih jam 6 sore (1 hari/malam). Ia dalam kuburan sepanjang sabtu (hari kedua) kebangkitan pagi-pagi benar hari minggu (1 hari penuh) dengan demikian terbukti bahwa kebangkitan Yesus hari yang ketiga. Kenyataan sejarah yang banyak. Terutama terlihat dari 17 kali penampakan diri Yesus, yakni 11 kali sebelum kenaikan-Nya dan 6 kali sesudah kenaikannya di sorga.

KENAIKAN TUHAN YESUS KRISTUS KE SORGA
Kenaikan ke Sorga merupakan penutup dan klimaks dari kehidupan Yesus Kristus di dunia dalam peristiwa inkarnasi-Nya. secara perlahan-lahan (berangsur-angsur), kelihatan dengan mata manusia, secara jasmaniah dan normal, seterusnya di sambut oleh awan.

PEMERINTAHAN TUHAN YESUS KRISTUS DI MASA KINI
Hal ini dapat dilihat dalam kenyataan bahwa Ia duduk di sebelah kanan Allah Bapa yang berarti Kristus mengambil bagian dalam kemuliaan Bapa tanpa menggantikan/meniadakan sang Bapa. Ia bersama Allah Bapa memerintah alam semesta dan segala makhluk di dalamnya. Dalam 1 Petrus 3 : 22 dinyatakan bahwa Yesus berkuasa atas penguasa-penguasa dan kekuatan-kekuatan, dan kerajaan dan tiap nama yang dapat di sebut, bukan hanya di dunia ini saja, melainkan juga di dunia yang akan datang. Kristus sebagai kepala gereja dinyatakan sebagai Tuhan atas semesta tetapi juga sebagai kepala gereja yang berarti menyatakan kehadiranNya (Roma 8 ; 23; ) Juru syafaat bagi orang-orang percaya, dua ayat penting dalam ayat ini ialah Roma 8 :34 dan Ibrani 7 :25. kata "entouksia" yang diterjemahkan dengan doa syafaat, Jaminan rasa aman dalam Kristus. Bahwa persyaratan utama untuk berbuah ialah "tetaplah kamu di dalam Aku" (Yoh 15:4).

KARYA TUHAN YESUS KRISTUS DI MASA DATANG
Pengangkatan Gereja (Rapture) adalah suatu peristiwa nyata yang akan terjadi. Dalam peristiwa ini Tuhan akan datang di udara sesudah sangkakala dibunyikan untuk menyongsong umat-Nya, yakni tubuh Kristus (1 Tes 4 : 16-17). orang-orang percaya yang sudah mati akan dibangkitkan dan orang-orang percaya yang masih hidup diangkat dan mereka semua dengan sekejab mata diubah dari tubuh insani yang fana menjadi tubuh baru, tubuh kebangkitan yaitu tubuh kemuliaan, dan selanjutnya prosesi masuk sorga bersama-sama dengan Tuhan Yesus Kristus. Bema yang artinya kursi pengadilan Kristus, adalah tempat dimana warga Tubuh Kristus menghadap hakim dan masing-masing memberi pertanggungjawaban tentang dirinya sendiri (Roma 14 : 12). bahkan mereka yang menolak raja kerajaan Syalom akan mati dan menanti di tempat yang sama yang dinamakan jurang maut.

TUHAN YESUS KRISTUS DAN TEOLOGIA PENGINJILAN SEDUNIA
Yesus yang dalam pelayanan-Nya di bumi dikhususkan bagi domba-domba yang terhilang, yaitu umat Israel. Namun demikian, Ia mengajar bahwa Ia datang sebagai juruselamat dunia sehingga murid-murid-Nya ditugaskan dengan misi universal yakni penginjilan sedunia.



Jumat, 14 Desember 2012

DAMAI NATAL TELAH DATANG

HANYA MELALUI YESUS KRISTUS
MANUSIA DISELAMATKAN






     Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi dan segala yang ada semua makluk yang ada diatas bumi yaitu dilangit, di bumi yaitu yang ada di darat, dan di bawah bumi di air segala yang hidup dan bergerak maupun binatang tumbuh-tumbuhan benda-benda penerang, matahari, bintang, bulan dan segala yang ada diangkasa, tumbuh-tumbuhan, ikan yang menghuni lautan dan pada hari yang keenan Allah menciptakan manusia. Berfirmanlah Allah " Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, (Kej 1 : 26). yang bertujuan untuk memelihara menjaga dan memelihara berkuasa atas ciptaan Allah, berkuasa atas segala yang ada di alam semesta yang hanya di berikan kepada manusia untuk kemuliaan Allah. Allah menciptakan manusia yang pertama yang ada di bumi yaitu Adam sebagai laki-laki, Allah melihat tidak baik jika manusia itu hidup seorang diri saja, Allah menciptakan penolong bagi Adam Yaitu Hawa yang berasal dari Tulang rusuk Adam, Allah memberikan nafas yang berasal dari Allah sendiri hingga manusia itu hidup, Allah berfirman apa yang telah diciptakan-Nya baik adanya, semua sempurna. 
      Allah memberikan larangan kepada manusia, Allah memerintahkan kepada Adam dengan jelas, "tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, Janganlah kau makan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati" (Kej 2 : 17). 
namun manusia sangat sombong dengan tidak menaati Firman Allah, melanggar dengan lebih mendengarkan suara iblis dari pada mendengarkan perintah Allah dan di usir dari taman Aden (Kej 3 : 24). manusia diciptakan menurut gambar dan rupa Allah, tetapi manusia telah berdosa dan telah mati karena pelanggaran yang dilakukan, tidak dapat lagi bersama-sama dengan Allah, manusia berada denga kuasa Iblis yang telah membujuk manusia untuk memakan buah, Iblis yang menyerupai ular sangat licik, sehingga manusia di usir dari taman Eden.
     Allah tetap mencari manusia ketika manusia telah berdosa, tetapi manusia takut untuk bertemu dengan Allah, karena manusia itu telanjang (Kej 3 : 10). Allah telah memberikan hukuman kepada manusia, dan Iblis yang telah menghasut dengan kelicikannya, tetapi Allah tetap mengasihi manusia, Ia membuatkan manusia pakaian dari kulit binatang, lalu mengenakan kepada mereka (Kej 3 : 21). Allah mengorbankan apa yang telah IA ciptakan demi manusia yang telah berdosa, domba yang tidak berdosa, telah tercurah darahnya.
     Allah telah memberikan Anugrah kepada manusia dengan pengorbanan yang telah digenapi di kayu salib yaitu darah Yesus Kristus, Allah sendiri menebus dosa umat manusia, dengan darah-Nya yang mahal manusia di tebus, dengan harga yang lunas, hanya melalui Yesus manusia di selamatkan. Firman yang telah ada dunia yang dahulu ada diciptakan oleh-Nya dengan kuasa yaitu Allah sendiri, kini Firman itu telah menjadi manusia melalui kelahiran sang juru selamat yang mendamaikan manusia dengan Allah. Padamulanya adalah Firman ; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.  (Yoh 1 : 1), kini manusia yang telah berdosa menerima anugrah keselamatan, Yesus datang kepada kepunyaan-Nya (Yoh 1 : 11). setiap orang yang percaya kepadanya Pasti diselamatkan bukan hanya percaya, tetapi melakukan pekerjaan-Nya untuk menjadi anak-anak Allah. memberikan damai nyata dalam setiap kehidupan sehari-hari, melalu perkataan perbuatan yang mencerminkan Kristus, Damai diberikan dan tinggal di bui, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya diberikan kuasa untuk melakukan segala perintah-Nya.
     Purta Natal telah lahir didalam setiap manusia yang percaya kepada-Nya. Firman itu telah menjadi manusia, dan diam diantara kita (Yoh 1 : 14). kini Tuhan Yesus hadir didalam setiap kehidupan manusia yang percaya kepada-Nya.
       Mari merayakan natal dengan penuh menghargai setiap pengorbanan Tuhan Yesus, yang sebagai Allah turun kedunia menjadi hamba, bahkan mati di kayu salib, untuk semua orang yang telah berdosa, dengan natal itu, kita akan selalu mengingat kebaikan-kebaikan Tuhan, untuk menyatakan kepada sesama bahwa Tuhan mengasihi saya dan saudara. Yesus memberikan perintah Kasihilah, Tuhan Allahmu dengan segenap hatimu dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. bukan kita yang memilih Allah, Tetapi Allah yang telah memilih setiap orang (Yoh 15 : 16 ). dengan tujuan untuk melakukan pekerjaan-Nya. dengan membawa damai itu nyata kepada semua orang.




selamat merayakan natal Tahun 2012
dan
selamat menyambut Tahun baru 2013
Tuhan Yesus memberkati