Senin, 10 Desember 2012




BERGAUL AKRAB DENGAN FIRMAN TUHAN




Alkitab menyingkapkan hukum Allah dan menyatakan bagaimana kita sudah melanggar Hukum Allah. Kita diberitahu bagaimana Kristus yang tidak berdosa itu mati di kayu salib, menggantikan kita yang berdosa. Alkitab memberitahu, bila kita mau diselamatkan, kita harus bertobat dan beriman kepada Yesus Kristus. Dari Alkitab, kita belajar mengenal jalan dan kehendak Allah, juga kita mendapat petunjuk menyenangkan hati Tuhan, yang tidak dapat kita temukan di kitab lain, maka dari itu kita harus bergaul akrab dengan Firman Tuhan.
Yang sering kita lakukan jika ingin dekat dan bergaul dengan Firman Tuhan ;
  1. Mendengarkan Firman Tuhan
Tuhan Yesus penah berkata “ yang berbahagia ialah mereka yang mendengar Firman Allah dan yang memeliharanya “ (Lukas 11 : 28), bukan hanya mendengar tetapi melakukan itulah perintah Tuhan (Roma 10 : 17 ) “ Jadi iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh Firman Kristus.” Diharuskan untuk terus menerus mendengarkan Firman Tuhan.


  1. Membaca Firman Tuhan
Tuhan Yesus mengatakan “ Manusia tidak dapat hudip dari roti saja, tetapi juga dari setiap perkataan yang di ucapkan oleh Allah (Matius 4 : 4), Firman yang memberi kekuatan, untuk menghadapi segala permasalahan kehidupan.
  1. Mempelajari Firman Allah
Mempelajari memudahkan kita mengerti arti sesungguhnya dari setiap maksud dan perkataan yang telah di tuliskan.
  1. Untuk di renungkan dan diterapkan
Firman Allah harus di renungkan secara terus menerus sampai meresap kedalam hati dan pikiran, dan dilakukan sesuai yang di perintahkan oleh Tuhan Yesus.

Penerapan Pribadi
Bergaul akrab dengan Firman Tuhan sangat penting, saya dapat lebih memahami betapa Yesus telah mengasihi saya dengan mengorbankan nyawaNya untuk menebus dosa saya dengan darah yang mahal di kayu salib, karena melalui Alkitab kita mengerti tentang ajaran yang benar yang dikehendaki oleh Allah, dan membacanya setiap hari, karena Firman adalah makanan Rohani, membacanya dan merenungkan betapa mulianya karya Allah, dalam kehidupan telah menyelamatkan dan mencurahkan pengampunan, Tuhan Yesus mengajarkan bukan hanya tertanam dalam hati tetapi juga melakukan sesuai dengan kehendaknya, agar buah pertobatan itu tampak nyata didalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya melalui perkataan untuk memuliakan Tuhan tetapi lebih perbuatan yang telah diubahkan karena saya telah ditebus dengan darah yang mahal, dan mengajarkan Firman Tuhan kepada orang lain yang belum mengenal dan percaya Tuhan Yesus agar orang lain juga memperoleh keselamatan.


BAB TIGA
BERGAUL AKRAB DENGAN FIRMAN TUHAN
( Bagian II )

Ringkasan
Manfaat dan metode menghafalkan Firman Allah
  1. Menghafalkan Firman Tuhan memberikan kekuatan Rohani
Roh Kudus dapat mengingatkan kita akan ayat-ayat tertentu kerika kita membutuhkannya, bila Firman Tuhan tertanam dalam benak kita “dalam hatiku aku menyimpan janjimu, supaya aku jangan berdosa terhadap Engkau “ (Mazmur 119 : 11)
  1. Menghafalkan Firman Tuhan menguatkan Iman
Menguatkan iman anda ialah mendisiplinkan diri dalam hal menghafalkan ayat-ayat Alkitab
  1. Menghafalkan, bersaksi dan membimbing
Dengan menghafalkan ayat-ayat, kita dibekali untuk menghadapi kesempatan bersaksi yang muncul dengan tiba-tiba
  1. Mengingat nasehat dan petunjuk dari Tuhan
Roh Kudus mengingatkan kita akan ayat-ayat tertentu yang cocok bagi orang yang sedang kita hadapi
  1. Menghafalkan Firman Tuhan mendorong kita merenungkannya
Firman Tuhan adalah pedang roh
Anda dapat menghafalkan ayat-ayat Alkitab, tergantung motifasi
Pilihlah ayat-ayat untukdihafalkan, sesuai dengan kebutuhan, dan di tuliskan
MANFAAT DAN METODE MERENUNGKAN FIRMAN TUHAN
Memikirkan Firman Tuhan secara mendalam berdampak kepada
  1. Keberhasilan dan sikap hidup
  2. Kerohanian akan menjadi stabil
  3. Berbuah dan menjadi tekun

Manfaat dan metode penerapan Firman Allah
  1. Nilai penerapan Firman Allah
Tuhan mau kita berbuat apa yang menjadi kehendakNya dalam kehidupan kita
  1. Berharap untuk menemukan penerapan
Allah berharap ana menjadi pelaku FirmanNya
  1. Pahamilah Artinya
Harus mengerti bagaimana cara menerapkannya

Penerapan pribadi
Iman saya selalu di perbarui ketika didalam kehidupan sehari-hari secara terus menerus membaca Fiman Tuhan, bukan sekedar membaca tetapi merenungkan, menghafatkan Ayat-ayat yang selalu dapat memberikan kekuatan baru, agar saya ketika dalam keadaan sulit percaya bahwa Firman Tuhan memberikan kekuatan untuk menghadapai tantangan, bersaksi adalah hal yang sangat penting dengan ayat-ayat yang sudah tertanam dalam benak hati maka akan lebih mudah memberikan motofasi kepada orang lain. Dengan metode cara menghafalkan ayat adalah hal yang sangat menarik dapat mempermudah memahami inti maksut dari setiap ayat, dengan memahami dan merenungkan agar saya dapat memahami apa maksud yang Tuhan kehendaki yang terbaik dalam kehidupan saya, karena Tuhan menginginkan kesetiaan saya berikan sepenuhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar