Senin, 10 Desember 2012

PERAYAAN HARI RAYA


PERAYAAN HARI RAYA



Pengertian hari sabat :
Kejadian 2 : 1-3 DemKikianlah diselesaikan langit dan bumi dan segala isinya. Ketika Allah pada hari ketujuh telah menyelesaikan pekerjaan yang di buat-Nya itu, berhentilah Ia pada hari ketujuh dari segala pekerjaan yang telah di buat-Nya itu. Lalu Allah memberkati hari ketujuh itu dan menguduskannya, karena pada hari itulah Ia berhenti dari segala pekerjaan penciptaan yang telah dibuat-Nya itu.
Imamat 23 : 3 Enam hari lamanya boleh dilakukan pekerjaan, tetapi pada hari yang ketujuh haruslah ada sabat, hari perhentian penuh, yakni hari pertemuan kudus ; janganlah kamu melakukan sesuatu pekerjaan ; itulah sabat bagi Tuhan di segala tempat kediamanmu
Keluaran 16 : 23 perhentian penuh, sabat yang kudus bagi Tuhan
Keluaran 31 : 13-14 Akulah Tuhan yang menguduskan hari sabat, haruslah pelihara, siapa yang melanggar kekudusan hari sabat itu, pastilah di hukum mati, sebab setiap orang yang melakukan pekerjaan pada hari itu, orang itu harus di lenyapkan dari bumi
Penting sekali untuk menguduskan hari sabat bagi Tuhan, Tuhan yang telah menciptakan langit dan bumi serta isinya dan menguduskan hari ketujuh sebagai hari perhentian, nabi Musa yang telah mendapat sepuluh kuhum Keluaran 20 :8 ' ingatlah dan kuduskanlah hari sabat " untuk ditaati oleh bangsa Israel yang telah menjadi umat pilihan Allah untuk menguduskan hari sabat, dan Allah dan resiko bagi yang melanggar sangat berat hukumanya.
HARI RAYA PASKAH
Keluaran 12 : 11 dan beginilah kamu memakannya : pinggangmu berikat, kasut dan kakimu dan tongkatmu ditanganmu ; buru-burulah kamu memakannya ; itulah Paskah bagi Tuhan
Allah menunjukan kuasanya dengan membunuh anak sulung manusia sampai anak binatang dan kepada semua allah di Mesir dijatuhkan hukuman, Allah menghendaki agar hari kejatuhan bangsa Mesir menjadi peringatan bagi umat Tuhan dan harus merayakan sebagai hari raya secara turuntemurun Kel 12 : 14.

HARI RAYA ROTI TIDAK BERAGI
Imamat 13 : 6 dan pada hari yang kelima belas bulan itu ada hari Raya Roti tidak beragi bagi Tuhan ; tujuh hari lamanya kamu harus makan roti yang tidak beragi. Hari raya ini berhubungan dengan pembebasan bangsa Israel dari tanah Mesir, dipersembahkan buah-buahan dan roti tidak beragi selama tujuh hari.

HARI RAYA PENTAKOSTA
Perayaan pengucapan syukur bagi Israel atas hasil panen gandum. Pesta itu dirayakan tujuh minggu (Yunani Pentakosta berarti ; kelima puluh) setelah hari paskah. Sebab itu juga dikelan dengan nama “hari raya tujuh minggu” (Ulangan 16 : 10 ) dalam perjanjian baru dihubungkan dengan turunnya Roh Kudus (Kis 2)

HARI RAYA PONDOK DAUN
Perayaan pengucapan syukur bagi bangsa Israel atas hasil panen. Pada perayaan itu orang tinggal dalam pondok daun sebagai peringatan akan zaman pengembaraan dalam padang belantara (Im 23 : 33-44) pada zaman perjanjian baru hari raya itu masih terkenal (Yoh 7:2).




HARI RAYA BUAH ANAK SULUNG
Imamat 23 : 10 -11 apabila kamu sampai ke negeri yang akan ku berikan kepadamu, dan kamu menuai hasinya, maka kamu harus membawa seberkas hasil pertama dari penuaianmu kepada imam, dan imam itu harus mengunjukan berkas itu kepada Tuhan, supaya Tuhan berkenan akan kamu. (Im 23 : 14b “ ketetapan untuk selama-lamanya bagi kamu turun-temurun di segala tempat kediamanmu.
HARI RAYA PERDAMANIAN
Satu hari setahun di mana segala dosa rakyat dan imam diperdamaikan Tuhan yang dilambangkan dengan seekor kambing jantan yang setelah ditumpangi tangan dilepaskan ke padang belantara (Im 16 ; 23 : 27) akan tetapi pada tanggal sepuluh bulan yang ketujuh itu ada hari pendamaian (Im 23 : 28 “ itulah hari pendamaian untuk mengadakan pendamaian bagimu di hadapan Tuhan, Allahmu.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar