Senin, 09 Desember 2013

PEKERJAAN SETAN MASA KINI


PENDAHULAN
            Pada zaman yang semakin mengalami kemajuan dan banyaknya pengetahuan dalam ilmu pengetahuan mengakibatkan banyak orang meninggalkan Alkitab dan tidak mempercayai kuasa Allah untuk melawan kuasa jahat.
            Dalam makalah ini akan membahas tentang pekerjaan setan masa kini yang dilakukan setan untuk mempengaruhi kehidupan manusia yang menentang Allah, agar setiap orang mengetahui pekerjaan setan yang dilakukan pada masa lampau sampai sekarang setan masih bekerja melalui makalah ini akan memberikan keterangan dan menjadi pelajaran yang berguna bagi setiap pemabaca.
            Kuasa setan sering dianggap sebagai mitos oleh sebagian orang yang tidak percaya adanya setan dan menjadikan setan sebagai pelindung untuk mendapatkan kekayaan, kesuksesan dan kehormatan, bagi sebagian orang untuk mendapatkan keuntungan dengan tidak mengandalkan Tuhan, tujuan setan didalam dunia juga akan dijelaskan dalam makalah ini supaya pembaca dapat memahami.
                       
           


PASA II
PEKERJAAN SETAN MASA KINI
            Setan mahkluk ciptaan yang sulit di pahami bagi orang yang tidak mempercainya pekerjaan setan yang melawan Allah, setan berasal dari malaikat-malaikat yang pada awal penciptaan baik oleh Allah tetapi memberontak dan melawan kehendak Allah. setan berasal dari kata Ibrani satan berarti musuh atau lawan[1]. Pekerjaan setan yang dilakukan masa kini dan akan terus dilakukan hingga kedatangan Tuhan Yesus kali kedua, ia mencobai manusia melalui keinginan daging, keinginan mata dan keangkuhan hidup (1 Yohanes 2 :16), setan mengetahui akan kelemahan manusia, Adam dan Hawa yang tidak taat kepada Allah oleh pengaruh setan untuk membuat manusia jatuh kedalam dosa dengan menawarkan keinginan dunia dengan menggunakan berbagai cara yang membuat manusia meninggalkan Allah, manusia yang mendapat pengaruh untuk mengikuti kehendak setan.
            Roh-roh itulah yang menghalangi pemberitaan Injil Kristus, tetapi bilamana mereka tetap menolak injil, hal itu disebabkan karena mereka tetap mempertahankan pikiran mereka yang terpengaruh oleh Iblis[2]. Banyak orang percaya sudah tidak lagi mengikut jalan Tuhan yang benar karena pengaruh yang dilakukan setan untuk menolak injil Kristus, Ketika Tuhan Yesus memberikan perumpamaan benih yang di tabor jatuh di jalan dan dimakan oleh burung, hal itu menggambarkan Firman yang diambil oleh setan supaya orang tidak mempercayai kebenaran Firman Tuhan.
            Pada Zaman ini orang menolak kebenaran Injil mencari kesalahan dari pada Alkitab untuk diperdebatkan dan mengajak orang lain agar tidak mempercayai kebenaran injil, inilah yang dilakukan oleh setan kepada orang percaya agar menolak Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi.
            Setan dengan jelas berada di belakang semua bentuk penganiayaan dan usaha-usaha untuk mencegah agar kabar tentang Yesus Kristus tidak menembus hati orang-orang, tujuan utamanya adalah mencegah Injil[3]. Dari zaman Tuhan Yesus hingga kini orang-orang Kristen mengalami penganiayaan yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak menyukai injil. setan yang mempenaruhi pikiran untuk mencegah orang mengenal Kristus, Yudas yang telah dirasuki setan dengan menjual Tuhan Yesus untuk disalibkan, para Rasul mengalami penganiayaan demi perluasan Injil dengan mengalami kematian sebagai martir, jemaat mula-mula juga mengalami penganiayaan dari kepercayaan yang menentang ajaran Kristus, pada zaman ini umat Kristen mengalami berbagai penganiayaan dari orang-orang yang tidak menginginkan kemajuan injil, gereja ditentang, dibakar, dipersulit dalam perijinan pendirian bangunan, dan di teror oleh orang yang tidak menginginkan agama Kristen berkembang, di Negara-negara yang mayoritas beragama non Kristen menganiaya umat Kristen, orang menganiaya setiap orang yang percaya dengan Tuhan Yesus dengan kejam dan mengatas namakan Tuhan, pemerintah yang tidak memihak Agama yang minoritas turut menghukum dan menentang ajaran kekristenan cara setan untuk menghambat kemajuan Injil Kristus.
            Setan selalu memberontak kepada Allah menghancurkan karyaNya, berusaha membutakan dan menyesatkan bahkan juga orang-orang pilihan, dan mendorong orang berdosa kedalam kejahatan mereka[4]. Banyak kejahatan yang terjadi bahkan sampai sekarang manusia tidak berhenti melakukan kejahatan, orangtua bahkan tega membunuh anaknya sendiri, anak membunuh orangtua betapa kejamnya, setan sangat senang dengan semakin banyak orang yang melakukan kejahatan, orang mementingkan dirisendiri tanpa memikirkan orang lain yang mengalami kesusahan dan tidak memperdulikan oranglain, yang melakukan korupsi tanpa memikirkan rakyat, tidak adanya keadilan bagi orang yang tertindas, orang yang telah mengenal Kristus dan menjadi muridnya meninggalkan karena untuk kepentingan pribadi, ingin mendapatkan harta meninggalkan ajaran kebenaran demi keuntungan pribadi sendiri.
            Setan mempengaruhi manusia dengan ajaran-ajaran sesat, mereka menyesatkan dengan ajaran mempercayai ramalan manusia,mempersembahkan korban kepada setan, percaya kepada orang-orang mati menggunakan sihir, semua perbuatan ini merupakan ajaran setan yang dilakukan oleh manusia[5]. Di zaman sekarang yang modern masih terdapat kepercayaan yang mempercai ramalan dan lebih tertarik dengan ramalan manusia dari pada untuk datang ke gereja meminta petunjuk Tuhan dengan berdoa, kepercayaan adat masih ada hingga sekarang ini memberikan persembahan kepada arwah-arwah leluhur dan menggunakan kekuatan sihir, setan sangat mempengaruhi kehidupan manusia dengan bebagai cara lewat media manusia sebagai alat untuk manusia tidak mengandalkan kekuatan Tuhan. 
              Setan mempengruhi pikiran manusia untuk tidak memikirakan hal yang baik, sehingga melupakan kuasa Tuhan untuk menghadapi persoalan kehidupan, untuk menyelesaikan persoalan menggunakan kuasa setan, hingga saat ini masih diperatekan orang-orang yang mencari kuntungan menggunakan kuasa setan.

PASAL III
KESIMPULAN
            Pentingnya sebagai orang yang telah percaya kepada Tuhan Yesus Kristus mengambil sikap untuk tidak melakukan kehendak setan yang menyesatkan orang percaya yang sampai saat ini masih terus melakukan.
            Pekerjaan-pekerjaan yang setan lakukan masih tetap ada dan sebagai orang percaya harus terus mempertahankan iman kepada kebenaran Injil, walaupun mengalami tantangan yang dilakukan orang yang dipengaruhi kuasa setan, pentingnya menjalin hubungan dengan Tuhan setiap waktu untuk melawan kuasa setan.
            Saling menguatkan antara orang percaya sangat penting untuk tidak melakukah keinginan yang menentang Tuhan dan memberikan motifasi yang baik, persekutuan harus terus diadakan untuk meninggalkan hal-hal yang jahat.
            Dengan kuasa yang diberikan oleh Tuhan Yesus melalui pertolongan dari Roh Kudus maka kuasa setan dapat dikalahkan, karena kuasa Allah lebih besar dari pada kuasa setan.

DAFTAR PUSTAKA
1.   Ryrie , Dr. Charles C, TEOLOGI DASAR 1, Yogyakarta : buku dan majalah rohani, 1991

2       Subekti , Pdt. Ir. Timotius, Peperangan Rohani, Jakarta : Metanoia Publishing, 2004

3      Wagner , C. Peter, Roh-roh Teritorial, Pen. Drs. Josep T dan Daniel S.E.P. Simomora, Jakarta : Yayasan Pekabaran Injil, 1994

4      Berkhof , Louis, Teologi Sistematika, Pen. Yudha Thianto, Jakarta : Lembaga Reformed Injili, 1993

5      Thiessen , Henry C. dan Vernon D. Doerksen, Teologi Sistematika, Malang : Yayasan Penerbit Gandum Mas, 1992


                 
               
               
           
           
                    
           

           
             






Tidak ada komentar:

Posting Komentar