TUHAN YESUS PENGGENAPAN PERJANJIAN
KEUNIKAN TUHAN
YESUS
Pada
mulanya adalah firman ; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan
Firman itu adalah Allah (Yoh 1 :1). kata-kata "pada mulanya"
diterjemahkan dari ungkapan kata-kata bahasa Yunani "en"yang
berarti "didalam" atau"pada" dan arkhe" yang
berarti purbakala, maka berarti purbakala itu tak terbatas.
Ditambahkan pula dengan bentuk "imperfect" yaitu keterangan
waktu, bersama-sama dalam pikiran Yunani adalah satu kesatuan,
menunjukan bahwa Kristus adalah Firman itu bukan saja ada terus
menerus dimasa lampau yang tak terbatas. Juga menyatakan kesatuannya
dengan Allah. Yesus yang adalah Allah mengambil bagan manusia.
Yohanes mendeklarasikan bahwa logos itu menjadi sark (daging) atau
mengambil daging sama dengan manusia(en sarki) sama dengan en carne
dalam bahasa latin yang diterjemahkan (inkarnasi).
TUHAN
YESUS DIKEKEKALAN MASA LAMPAU
Kehadiran
Yesus secara fisik di dunia ini memang sekitar 2000 tahun yang lalu,
tetapi Ia telah hadir sejak dahulu kala dan Ia kekal adanya.
Keilahiannya; maha kuasa, Ia berkuasa atas dosa dan penyakit Ia
bahkan berkuasa atas maut. maha tahu, maha hadir, tidak berubah.
kegiatan-Nya dimasa lampau, menciptakan dunia (Kej 1 : 1-3),
keberadaan-Nya didalam Tritunggal Elohim (Kej 1:1; Yes 6:8), Melekh
Yahweh (Kej. 22 :11, 15-16) Bapa, Anak dan Roh Kudus adalah Allah
(Yoh 6:26; Ibr 1:8; Kis 5 :3-4), ketiga pribadi dihubungkan secara
sama dan sederajat (Mat 28 :19;2 Kor 13:14).
Gelar
Tuhan istilah Yunani Kyrios (Kurios) menurut pengertian Yunani.
Gereja menggunakan Kurios/Tuhan. Kyrios dalam septuaginta adalah
terjemahan arti istilah Yehovah atau Yahweh. Yesus Anak Allah berarti
satu dengan Bapa-Nya (Yoh 19 :7; Mat 27:42,43). satu-satunya yang
dapat menunjukan orang kepada Allah ialah anak-Nya (Yoh 14 :6)
TUHAN
YESUS DALAM PERJANJIAN LAMA
Pertama
Allah (Elohim) yang perkasa (Yes 9:5) sama dengan Theos dalam
perjanjian baru (Rm 15 :6 ;Ef 5:5, 20 ; 2 Ptr 1:1)
Kedua
Yahweh, seperti dalam Zakharia 12:8-10. pembicaraan disini dilakukan
oleh Yahweh tentang mesias itu dikatakan oleh Yahweh sendiri, nama
ini begitu keramat sehingga orang-orang Yahudi harus menggantikannya
dengan istilah Adonai.
Ketiga
Adonai artinya Tuhan maupun Tuan Mazmur 110:1 nubuatan kemenangan
yang digenapi. Dikutip beberapa kali oleh-Nya (Mat 22 :14; Mrk 12:36;
Luk 20:43; Kis 2 :34-35; Ibr 1:13;10:1)Yesus dinyatakan sebagai Tuhan
dan Tuan atas manusia dan malaikat.
Keempat
Malaikat Yahweh dibuktikan (Kej 16:7-13) dikala ia berbicara dengan
Hagar. (Kej 22 : 15-18) pengorbanan Ishak oleh Abraham. (hal 43).
Malaikat Yahweh tentunya adalah pribadi kedua dari Tritunggal. Yesus
Kristus adalah Allah yang kelihatan dalam perjanjian baru. Dalam
upacara baptisan-Nya. Roh memanifestasikan dalam bentuk burung
merpati. Malaikat Yahweh itu tidak pernah lagi menampakan diri-Nya
sesudah inkarnasi Anak Allah Yesus Kristus. (Kej 18 :1-13) Yahweh
dilihat manusia yang menyelamatkan Lot dan keluarganya sebelum Sodom
dan Gomora dibinasakan itu adalah Yesus Kristus. Theophany adalah
Allah menyatakan diri-Nya dalam bentuk manusia sehingga dapat dilihat
oleh manusia (Kej 32:24-32).
Kristus
dalam perjanjian lama istilah Mesias berasal dari kata "Mesiah"
(Ibrani) transliterasi dari bahasa Aram dari "Magchah" yang
berarti mengurapi. Istilah yang berarti sama dalam perjanjian baru
ialah"Khristos"atau Kristus yang berarti "yang
diurapi". Nubuatan khusus tentang mesias. Yesaya 7:14 suatu
tanda yang hanya digenapi oleh Yesus Kristus. Kehidupan Kristus akan
ditandai dengan banya mujizat Yesaya 35:5-6, kedatangan-Nya multi
fungsi sebagai raja, imam, dan raja (Mat 3:3;Mrk 1:2; Lks 7:27).
INKARNASI
TUHAN YESUS KRISTUS
Asal
kata dari bahasa Latin In Carne yang dalam bahasa Yunaninya ialah en
sarki yang artinya "dalam daging" (1 Yoh 4:2). jadi karena
Kristus telah menderita badani, kamu pun harus juga mempersenjatai (1
Ptr 4:1). keempat injil menyatakan Markus Yesus Kristus sebagai hamba
(Mrk 1 :1), injil Lukas Yesus sebagai manusia (Lks 1:1), injil
Yohanes Yesus logos menjadi manusia (Yoh 1:1), injil Matius Yesus
sebagai raja (anak Daud). Kristus adalah Allah sejati dan manusia
sejati. Cara inkarnasi melalui nubuatan artinya bahwa kedatangan
Anak Allah yang dalam daging telah di nubuatkan oleh nabi Yesaya.
Sebagaimana ditemukan dalam Yesaya 7: 14 yang berbunyi " sebab
itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan tanda kepadamu suatu
pertanda : sesunguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan
melahirkan seorang laki-laki, dan ia akan menamakan Imanuel. Tujuan
inkarnasi/penjelmaan adalah untuk menyatakan Allah kepada manusia
(Yoh 1:18), untuk menyediakan korban bagi tebusan dosa manusia (Ibr
10 :1-10), untuk menghancurkan pekerjaan setan (Yoh 3:8). tubuh
jasmani yang dimiliki Yesus terdiri dari darah dan daging seperti
tubuh-tubuh lain. Kecuali kenyataan bahwa tubuh itu adalah tanpa
dosa. Firman Allah jelas mengungkapkan bahwa Kristus menjadi manusia
dan mengambil bagi diri-Nya daging dan darah (Yoh 1:14; Ibr 2 :14),
tubuh kebangkitan Yesus merupakan tubuh yang dapat dilihat dan
dijamah orang (1 Yoh 1:1-2; Mat 26:12). dalam Ibrani 4:15 mencatat
bahwa Kristus tidak berbuat dosa, meskipun Ia telah dicobai. Dalam
Matius 26:28 dikemukakan bahwa jiwa Yesus berduka, demikian juga
pernyataan Yohanes yang mengatakan bahwa roh-Nya tertekan (Yoh
13:21). Ia digerakan instink manusia normal dan Ia menggunakan
kekuatan aktif yang dimiliki oleh manusia normal. Kenyataan itulah Ia
merasa lapar (Mat 4:2), Ia merasa haus (Yoh 19:28), Ia menjadi lelah
(Yoh 4:6), Ia menangis (Yoh 11:33, 35), Ia dicobai (Ibr 4:15).
melihat pada sisi kemanusiaan Yesus, Ia sungguh-sungguh memiliki
nama sebagai manusia. Anak Manusia (Luk 19:10), kematian Yesus ialah
dengan menanggung sengsara yang amat berat (Luk 22:44). kesengsaraan
itu dalam sekali sehingga darah mengalir keluar dari pori-pori
kulit-Nya, yaitu darah manusia sejati. Jiwa dan tubuh-Nya berpisah
(Luk 19:30). realitas kematian-Nya nampak jelas pada kenyataan bahwa
dan air keluar dari lambung-Nya yang tertikam (Yoh 19:30).
kematiannya adalah karena sukarela menyerahkan nyawa-Nya kepada Allah
Bapa. Jadi berbeda dengan kematian manusia pada umumnya, karena
manusia nyawanya diambil dari padanya. KemahakuasaanNya (Mat 28:18)
menunjukan bahwa kuasa-Nya tidak terbatas sehingga mampu menolak dosa
yang mencabai kemanusiaan-Nya. KeMahatahuan-Nya (Yoh 2:25) menunjukan
bahwa Ia tahu semuanya sebelum Iblis bergerak dan mengambil tindakan
apapun. Hawa bisa ditipu karena keterbatasan. Pikirannya, perasaannya
dan kemampuannya. Sedangkan Yesus tidak demikian karena Ia mahatahu.
Tubuh-Nya kekal (Kis 7:55; Mat 26 :64). Kehendak Kristus adalah
melakukan kehendak Bapa (Mat 26:39,42) Kristus memiliki otoritas
penuh atas diri-Nya (Yoh 10:18).
LINGKUP
KEHIDUPAN TUHAN YESUS KRISTUS DI DUNIA
Dalam
pengajaran-pengajaran-Nya Yesus Kristus menguatkan hukum-hukum Musa
dengan menyatakan bahwa hukum-hukum itu harus digenapi (Mat 5:
17-18). bagi Dia, hukum taurat adalah penyataan kehendak Allah, yang
kekal dan tidak dapat di ubah. Itulah sebabnya Tuhan Yesus menyatakan
bahwa Dia datang bukan untuk mengubah kehendak Allah itu atau
meniadakannya. Sebaliknya, Dia datang untuk menggenapinya.
Injil
Matius menyajikan Kristus sebagai Raja, injil Markus Yesus sebagai
hamba Tuhan, injil Lukas Kristus sebagai manusia sempurna, injil
Yohanes Yesus adalah Allah sejati.
TUHAN
YESUS KRISTUS DALAM PENDERITAAN DAN KEMATIANNYA
semua
doktrin Kristen menjadi tidak relevan terlepas dari asas ini.
Penciptan dunia, inkarnasi, kebangkitan, kedatangan keduakali dan
adanya sorga dan bumi yang baru tak mempunyai makna, jikalau Kristus
tidak mati. Golongan liberal mengabaikan Alkitab, mereka mengatakan
Kristus tidak sungguh-sungguh mati dan itulah sebabnya Ia bisa hidup
lagi. Ada yang mengatakan bahwa Ia mati tapi tak sungguh-sungguh
bangkit. Ada pula yang mengatakan bahwa Ia ditukarkan oleh Allah
sebelum penyaliban-Nya. Namun Firman Tuhan tidak ragu-ragu dalam
mengungkapkan kematian-Nya baik dalam penyataan nubuatan-nubuatan
sebelum kematian-Nya (Mzm 22 :110; Yes 53; Mrk 8:31; Luk 9:22) maupun
fakta-fakta sejarah. Semua Injil dan semua surat-surat kiriman
menyatakan tentang kematian-Nya (Mat 27:32-66; Mrk 15:21-47; Luk
23:26-56; Yoh 19:16-42; Rm 5:6; 1 Kor 15:3; 2 Kor 5:15; Why 5:9).
Enam hari sebelum paskah, dua hari sebelumnya Yesus masih
memperingatkan orang banyak tentang resiko menolak Dia, dan sekaligus
menegur orang-orang Farisi. Hari kamis malam Yesus mengumpulkan
murid-murid-Nya untuk makan terakhir bersama (Yoh 13 :16). Ia
ditangkap dan diadili 6 kali, 3 kali oleh pemimpin-pemimpin Yahudi
dan 3 kali oleh pemimpin-pemimpin Romawi. Didepan hanas (Yoh
18:12-24), Kayafas (Mat 26:57), Pilatus (Mat 27:11), Herodes (Luk 13
:8-12), Pilatus, selanjutnya kepada imam-imam kepala karena dengki
(Mat 27:15-26). manusia tidak perlu membawa korban demi atau untuk
pengampunan dosanya, karena Allah sudah memberikan Domba Allah
sendiri (Yoh 1:29).
KEBANGKITAN
TUHAN YESUS KRISTUS
Istilah
kebangkitan berasal dari suatu kata bahasa Latin "ressurrectio"
dan dalam bahasa Yunani berasal dari kata "egeiro anastasic"
yang artinya di bangkitkan dalam perjanjian baru istilah kebangkitan
berarti melepaskan tubuh dari kematian. Orang Saduki menolak adanya
kebangkitan tubuh (Mat 22:23-33). Yesus di salibkan jam 9 pagi, Ia
mati jam 3 sore, Ia dimasukan ke kuburan kurang lebih jam 6 sore (1
hari/malam). Ia dalam kuburan sepanjang sabtu (hari kedua)
kebangkitan pagi-pagi benar hari minggu (1 hari penuh) dengan
demikian terbukti bahwa kebangkitan Yesus hari yang ketiga. Kenyataan
sejarah yang banyak. Terutama terlihat dari 17 kali penampakan diri
Yesus, yakni 11 kali sebelum kenaikan-Nya dan 6 kali sesudah
kenaikannya di sorga.
KENAIKAN
TUHAN YESUS KRISTUS KE SORGA
Kenaikan
ke Sorga merupakan penutup dan klimaks dari kehidupan Yesus Kristus
di dunia dalam peristiwa inkarnasi-Nya. secara perlahan-lahan
(berangsur-angsur), kelihatan dengan mata manusia, secara jasmaniah
dan normal, seterusnya di sambut oleh awan.
PEMERINTAHAN
TUHAN YESUS KRISTUS DI MASA KINI
Hal
ini dapat dilihat dalam kenyataan bahwa Ia duduk di sebelah kanan
Allah Bapa yang berarti Kristus mengambil bagian dalam kemuliaan Bapa
tanpa menggantikan/meniadakan sang Bapa. Ia bersama Allah Bapa
memerintah alam semesta dan segala makhluk di dalamnya. Dalam 1
Petrus 3 : 22 dinyatakan bahwa Yesus berkuasa atas penguasa-penguasa
dan kekuatan-kekuatan, dan kerajaan dan tiap nama yang dapat di
sebut, bukan hanya di dunia ini saja, melainkan juga di dunia yang
akan datang. Kristus sebagai
kepala gereja dinyatakan sebagai Tuhan atas semesta tetapi juga
sebagai kepala gereja yang berarti menyatakan kehadiranNya (Roma 8 ;
23; ) Juru syafaat bagi orang-orang percaya, dua ayat penting
dalam ayat ini ialah Roma 8 :34 dan Ibrani 7 :25. kata "entouksia"
yang diterjemahkan dengan doa syafaat, Jaminan rasa aman dalam
Kristus. Bahwa persyaratan utama untuk berbuah ialah "tetaplah
kamu di dalam Aku" (Yoh 15:4).
KARYA
TUHAN YESUS KRISTUS DI MASA DATANG
Pengangkatan
Gereja (Rapture) adalah suatu peristiwa nyata yang akan terjadi.
Dalam peristiwa ini Tuhan akan datang di udara sesudah sangkakala
dibunyikan untuk menyongsong umat-Nya, yakni tubuh Kristus (1 Tes 4 :
16-17). orang-orang percaya yang sudah mati akan dibangkitkan dan
orang-orang percaya yang masih hidup diangkat dan mereka semua dengan
sekejab mata diubah dari tubuh insani yang fana menjadi tubuh baru,
tubuh kebangkitan yaitu tubuh kemuliaan, dan selanjutnya prosesi
masuk sorga bersama-sama dengan Tuhan Yesus Kristus. Bema yang
artinya kursi pengadilan Kristus, adalah tempat dimana warga Tubuh
Kristus menghadap hakim dan masing-masing memberi pertanggungjawaban
tentang dirinya sendiri (Roma 14 : 12). bahkan mereka yang menolak
raja kerajaan Syalom akan mati dan menanti di tempat yang sama yang
dinamakan jurang maut.
TUHAN
YESUS KRISTUS DAN TEOLOGIA PENGINJILAN SEDUNIA
Yesus
yang dalam pelayanan-Nya di bumi dikhususkan bagi domba-domba yang
terhilang, yaitu umat Israel. Namun demikian, Ia mengajar bahwa Ia
datang sebagai juruselamat dunia sehingga murid-murid-Nya ditugaskan
dengan misi universal yakni penginjilan sedunia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar